[REVIEW] FILM US (2019)

US (2019)


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. 



Kembali lagi bersama saya Izam Khan dalam Moviepedia. 


Hari ini kita akan membahas film dari director dan writer film pemenang academy awards 2 tahun lalu. Oke langsung saja.. 


CAST : 

•Directed by : Jordan Peele

•Produced by
Jason Blum
Ian Cooper
Sean McKittrick
Jordan Peele

•Written by : Jordan Peele

•Starring :
Lupita Nyong'o
Winston Duke
Elisabeth Moss
Tim Heidecker

•Music by : Michael Abels

•Cinematography : Mike Gioulakis

•Edited by : Nicholas Monsour

•Production companies :
Monkeypaw Productions

•Distributed by : Universal Pictures

•Release date :
March 8, 2019 (SXSW)
March 22, 2019 (United States)

•Running time :
116 minutes

•Country : United States

•Language : English

•Budget : $20 million

•Box office : $87 million


SINOPSIS :

Pasangan suami istri Gabe Wilson (Winston Duke) dan Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o) membawa kedua anak mereka untuk liburan ke pantai untuk bersenang-senang.

Namun ketika malam hari mereka harus menghadapi teror dari doppelganger yang sangat berbahaya. 


REVIEW : 

Jordan Peele bertaruh besar di karya terbarunya ini Paska Get Out yang memborong nominasi Oscar dan di elu-elu kan sebagai salah satu film dengan formulasi sosial komentari dengan kandungan artistik dan relevansi terbaik dalam ranah horor bikinan studio komersil, terutama terkait isu representasi rasial dalam wajah Hollywood secara keseluruhan.

Us mungkin tidak sepadat dan setajam Get Out, namun sudah bisa dipastikan bahwa Paska penayangannya secara luas, asalkan banyak dipergunjingkan dalam Banyak forum.

Sesuatu yang diakui Peele sendiri sebagai sebuah kesengajaan.
Dibuka dengan prolog yang sangat kuat, menjanjikan dan jauh lebih ambisius bahkan sejak satu persatu opening teks muncul di layar.
Peele berhasil memberikan statement rasial yang sangat bertekstur berkat tata produksi mahal dan sinematografi Mike Gioulakis yang sebelumnya menangani It Follows dan Split, yang sama-sama bergenre horor.

Set up yang benar-benar kuat dan percaya diri, yang melibatkan gerakan amal besar-besaran era presiden Regan yang haram hukumnya diabaikan begitu saja, Meski harus diakui bahwa Us tidak berakhir semata-mata sebagai sosial komentar yang lugas, Peele berniat lebih mengedepankan unsur horor dengan balutan komedi seadanya yang melebur dengan cantik, Walau sesekali masih terasa canggung.

Ada alumni dari The Handmaid's Tale Elisabeth Moss, Winston Duke dari MCU dan 2 aktor cilik berbakat Shahadi W. Joseph dan Evan Alex, walau nyawa sebenarnya di film ini adalah peraih Oscar Lupita nyong'o yang tanpa diragukan lagi menandingi performa Daniel kaluuya di Get Out 2017, Nyong'o berhasil membawakan dua karakter kontradiktif nyaris tanpa beban terutama transformasinya sebagai doppelganger begitu memesona, yang mengingatkan kita pada performa Toni collette di hereditary tahun lalu.

Isu yang sangat mengganggu di film ini dan akan sangat sulit diabaikan, bahwa dengan durasi yang cukup terbatas, Peele sejak awal memang terlalu banyak menjanjikan kompleksitas yang tidak sanggup dia tebus dengan cara yang memuaskan semua orang.

Sekalipun menurut pengakuan Nyong'o bahwa Us memang didisain untuk ditonton berulang kali, faktanya Peele seolah kehilangan kedalaman directingnya yang ia Tunjukkan di prolog yang harus diakui sangat menggetarkan.
Eksekusinya terasa Kedodoran terutama di kejar tangkap yang sesekali miskin suntikan suspens dan terkesan repetitif.
Begitu juga dengan the final age canggung yang terasa sedikit memaksa dan pada akhirnya patuh pada twist yang sebenarnya dengan mudah sudah bisa ditebak penonton sedari awal. Sesuatu yang baru-baru ini bahkan dihindari film kecil underrated macam The Hole in the Ground.

But overall sebagai sebuah gerakan Racial consciousness dan kritik terhadap kondisi kesenjangan sosial akibat pendewaan American Dream, Us merupakan angin segar dan terbilang cerdas yang membuktikan bahwa Jordan Peele bukanlah tipikal One hit, wonder director.
Dengan atensi public yang meningkat dan teori-teori yang muncul belakangan terkait Apa yang sebenarnya Coba iya utarakan, Us memang layak ditonton berkali-kali, yang di satu sisi patut sekali diwaspadai karena sepertinya berhasil membuat gamang semua orang terkait posisinya saat ini secara pribadi dalam kepungan isu-isu kontemporer yang tidak selalu sepenuhnya kita pahami. 

Boleh Setuju, Boleh Tidak.. 


RATING :

8/10


TRAILER :

Trailer Film Us


Demikian ulasan film dari saya, pribadi saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf bila ada salah kata.
Silahkan tinggalkan komentar, kritik dan saran di kolom komentar, bagikan kepada orang-orang yang sekiranya membutuhkan informasi semacam ini.


BIJAKLAH DALAM MEMILIH TONTONAN 

Jumpa lagi di review film selanjutnya,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


HIDUP ADALAH FILM TERBAIK 🎬

Komentar

Postingan populer dari blog ini

to anyone who went through hardships and at a crossroads in this confusing life..

[REVIEW] FILM MUHAMMAD : The Messenger of God (2015) (Anti-Spoiler)

[REVIEW] FILM HOMESTAY (2019)